Pages

Instagram

Saturday 22 November 2014

TIPS SUPAYA KEHINDAR KECELAKAAN DI JALAN TOL




Jalan tol sering juga dibilang jalan bebas hambatan. Tapi saking bebasnya, kecelakaan yang terjadi di jalan tol juga sering banget. Terus gimana dong cara ngendarain mobil yang aman pas lagi di jalan tol?

Intinya sih kamu harus matuhin semua aturannya biar selamat dan terhindar dari kecelakaan. Soalnya jalan tol kan jelas milik bersama. Tinggal kamu dan pengendara lainnya yang kudu disiplin dalam berlalu lintas.

Nih, buat kamu yang suka wara-wiri di jalan tol, Loop kasih tips biar aman berkendara di situ.



Jaga jarak


Ini faktor paling penting pas kamu lagi berkendara di jalan tol. Andai aja ada kendaraan di depan yang ngerem mendadak, kamu jadi bisa ngerem juga dengan jarak minimal. Misalnya nih, mobil kamu lagi lari 100 km/jam, kamu kudu ngambil jarak minimal 55 m.

Nyalain sein tiap mau belok

Ini nih kelengahan yang paling banyak dilakuin sama pengendara di jalan tol, lupa ngasih tanda pas mau belok atau pindah lajur. Selalu pastiin kamu ngasih sein, terus liat spion tengah, baru spion kanan-kiri sebelum ngebelokin kendaraan.

Nyusul harus dari kanan

Nyusul kendaraan lain harus dari kanan jalan. Dan ini nih yang kudu kamu inget, bahu jalan tuh cuma boleh dipake nyusul sama ambulans atau mobil rescue. Sama buat berhenti pas ada keadaan darurat, kayak ban pecah atau mesin rusak.

Kalo ban pecah, menepi ke kiri jalan

Kalo ban mobil kamu pecah, kamu wajib minggir ke kiri jalan. Ada aturan khusus nih yang banyak orang nggak tau. Buat ngeganti ban mobil sebelah kanan, parkir setengah badan mobil di sebelah kanan. Jadi setengah badan mobil di rumput dan setengah lagi di aspal. Nah kalo ngeganti ban kiri, semua badan mobil harus ada di rumput dan ban kanan persis ada di batas aspal.

Kalo menepi, pasang segitiga pengaman

Kalo mobil berhenti di tengah jalan karena keadaan darurat, jangan lupa pasang segitiga pengaman. Jaraknya 10 m aja dari mobil. Sama nyalain juga lampu hazard.
Keluarin penumpang waktu benerin kendaraan

Kalo mobil kamu terpaksa dibenerin di jalan, penumpangnya wajib keluar dari mobil dan nunggu di rumput. Ini untuk ngantisipasi kecelakaan, kalo-kalo ada kendaraan lain yang ngebuang keluar jalur.

Perhatiin semua garis yang ada di jalan tol

Kalo ada garis kuning panjang nggak putus-putus, tandanya itu jalan dua arah. Kamu nggak boleh ngelewatin garis itu buat nyusul kendaraan lain. Kalo udah nemu garis putih putus-putus, baru deh boleh nyusul lagi.

0 comments:

Post a Comment

 
MMORPG Games - MMORPG List - Video Game Music