Pages

Instagram

Monday 26 May 2014

TIPS JADI TOUR GUIDE JAGO


Tiap liburan sekolah, biasanya banyak anak yang ngebuang waktu dengan macem-macem kegiatan yang kurang positif. Bukannya mau underestimate, tapi emang kenyataannya gitu kan? Ngaku aja deh, sob!

Kalo diajak ngomongin tentang waktu luang, pasti jawaban kamu nggak bakal jauh dari nonton tv, BBM-an, atau tidur. Kan sayang, sob. Padahal banyak banget lho kegiatan positif yang bisa dilakuin buat ngisi waktu luang kamu.

Misalnya nih, kamu bisa aja iseng-iseng jadi pemandu wisata, atau bahasa kerennya tour guide. Sambil liburan, kamu bisa dapet duit, nyari pengalaman kerja, berinteraksi sama banyak orang, dan kamu jadi bisa jalan-jalan ke tempat wisata dengan gratis. Enak kan!
Nah, buat kamu yang mau nyoba-nyoba jadi tour guide, ini Loop kasih beberapa tipsnya. Silakan dicatet!


Nguasain tempat

Hal yang paling penting buat jadi pemandu wisata tentunya ya nguasain tempat yang jadi wilayah kunjungan kamu. Makanya, gali informasi sebanyak-banyaknya dan kalo bisa kamu harus udah pernah berkunjung ke tempat itu. Pokoknya kamu harus hapal di luar kepala semua hal tentang tempat itu. Biar nanti kalo wisatawan nanya, kamu bisa jawab.

Berpenampilan menarik

Penampilan yang rapi, bersih, dan juga kece bakal jadi nilai lebih buat kamu yang mau jadi pemandu wisata. Soalnya, wisatawannya juga dijamin bakal betah ditemenin sama kamu. Coba aja bayangin kalo kamu lagi jalan-jalan dan ditemenin tour guide yang bau dan acak-acakan. Hhmmm…

Punya banyak skill

Banyak skill di sini maksudnya tuh kamu juga bisa motret atau nulis atau skill lainnya. Sebenernya motret bisa dilakuin siapa aja, tapi kalo kamu emang udah ahli jadi nggak perlu nyewa fotografer lagi kan. Lumayan, budget untuk itu malah bisa masuk ke kantong kamu tuh.

Bisa banyak bahasa

Kalo kamu bisa ngomong banyak bahasa, apalagi pake bahasa lokal, pasti jadi poin yang nguntungin banget tuh. Turis asing bakal lebih gampang berkomunikasi sama kamu. Fasih bahasa lokal juga bisa jadi keuntungan, soalnya banyak orang dari luar daerah yang suka tertarik pengen belajar bahasa lokal lewat tour guide.

Humoris dan ceria

Pemandu wisata juga kudu bisa nyairin suasana biar perjalanan kerasa lebih menyenangkan. Skill humor dan selalu ceria bisa jadi jurus utama. Kamu harus nyiapin banyolan-banyolan seru biar bisa dikeluarin pas turis keliatan bete.

Ramah

Selalu pasang muka senyum dan bersahabat pas nerangin segala macem detil tempat wisata. Tambah lagi, kamu juga kudu sabar ngikutin maunya turis, kayak diminta motretin atau diminta nerangin lagi hal yang udah dijelasin.

Kreatif

Jangan lupa, jadi pemandu wisata juga harus kreatif. Tour guide yang kreatif pasti bakal bikin perjalanan lebih seru dong.

0 comments:

Post a Comment

 
MMORPG Games - MMORPG List - Video Game Music